Tips Membuat Wajah Cerah

Tips Membuat Wajah Cerah - Setelah menulis artikel mengenai Cara Cantik Alami Dengan Buah Murah maka kurang lengkap rasanya kalau tidak memberikan tips bagaimana agar wajah kita terlihat lebih cerah. Tidak hanya wanita , tips kali ini juga bisa di pakai oleh kaum pria yang pastinya wajah cerah memang sangat di impikan setiap manusia agar memiliki penampilan yang maksimal. 

Ada berbagai cara tradisional maupun medis yang bisa anda lakukan untuk membuat kulit menjadi lebih putih.  Tentu saja, memiliki kulit putih yang mulus adalah harapan bagi setiap wanita, karena warna kulit yang cerah cenderung identik dengan kecantikan.  Selain itu, kebanyakan masyarakat di Indonesia juga menganggap orang dengan kulit putih terlihat lebih menarik untuk dipandang.

Apa saja rahasia yang bisa membuat kulit anda makin bersinar cerah dan mulus?

 
Tips Membuat Wajah Cerah


1. Putih Telur
Putih Telur juga mengandung zat-zat yang dapat membuat kulit lebih putih. Zat-zat tersebut adalah zeaxanthin dan lutein. Kedua zat itu bekerja menjaga keindahan kulit dengan cara melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet yang bisa membuat sel kulit rusak. Namun tak hanya itu saja, telur juga akan membantu menjaga kekencangan kulit, melembabkannya serta membuat kulit jadi lebih lembut.

2. Tomat
Tomat juga bekerja hampir sama dengan telur. Kandungan lycopene pada tomat mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet secara langsung. Konsumsi buah tomat dalam jumlah cukup setiap hari juga akan membuat kulit lebih kencang dan elastis karena tomat juga memiliki kandungan yang dapat merangsang munculnya kolagen pada sel kulit. Kolagen inilah yang membuat kulit tidak mudah kendur.

3. Soya
Bahan makan selanjutnya yang dapat membuat kulit lebih cerah adalah soya. Makanan yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan ini kaya isoflavon yang sering disebut dengan aglycone. Beberapa penelitian tentang soya menyebutkan bahwa kandungan tersebut dapat membuat kulit lebih cerah dan bebas kerutan.

4. Apel
Jika ingin kulit selalu indah dan sehat, Anda harus mencoba mengonsumsi buah apel. Kandungan Antioksidan dan Quercetin dalam buah apel akan melindungi kerusakan kulit seperti kulit yang menghitam akibat terkena paparan matahari langsung. Paparan ultraviolet dapat meningkatkan resiko kanker kulit juga. Namun hal itu dapat dicegah oleh antioksidan yang berada dalam buah apel.

5. Buah Strawberi
Buah ini cukup disukai jika dikonsumsi sebagai jus. Banyak orang yang tidak tahan memakannya langsung karena rasanya yang cukup asam. Menurut ahli-ahli kecantikan dari Miami tadi, kandungan vitamin C dalam segelas jus strawberi cukup tinggi yaitu mencapai 130%.

Vitamin C ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengeluarkan serat kolagen. Serat inilah yang membuat kulit kita lebih kenyal, stabil dan semakin lembut. Vitamin C juga mampu mencerahkan kulit dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak akan menyamarkan garis-garis yang muncul pada kulit wajah kita.

6. Kentang
Tidak banyak yang menyangka bahwa kentang memiliki khasiat yang hebat untuk membuat kulit anda lebih indah dan halus.  Kentang memang sayuran yang banyak mengandung karbohidrat serta vitamin E yang berfungsi untuk memberi nutrisi yang optimal pada kulit anda.  Selain enak dikonsumsi, sayuran ini ternyata juga memiliki berbagai khasiat tersembunyi.

Cara membuat kentang sebagai masker pemutih kulit cukup mudah.  Parut sayuran ini hingga halus, campurlah dengan sedikit madu (lebih disarankan untuk menggunakan madu murni), kemudian gunakanlah sebagai masker di wajah anda selama kurang lebih 15 menit.

7.     Kulit Jeruk
Kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah kusam. Caranya dengan merendam kulit jeruk yang telah ditusuk-tusuk dengan garpu ke dalam air hangat selama semalam. Gunakan air rendaman itu untuk membasuh wajah setelah dibersihkan, lalu keringkan. Fungsi air rendaman jeruk ini adalah mengangkat kotoran dan sel-sel mati pada wajah.


8.     Buah Pepaya
Wajah yang mulai mengalami penuaan dini dapat memanfaatkan buah pepaya untuk meremajakan kulit karena pepaya dapat menganggkat sel-sel mati dan mencegah munculnya kerut pada wajah. Buah pepaya ranum yang telah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok madu dapat menjadi masker wajah yang berkhasiat. Oleskan maker pepaya ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini seminggu sekali.


9.     Buah Melon
Buah melon merupakan astrigent alami yang dapat dimanfaatkan sebagai tonik dan memberi efek mendinginkan kulit karena terbakar sinar matahari. Jadi setelah seharian beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, buah melon dapat membuat kulit wajah rileks. Caranya adalah dengan mengompres wajah dengan melon yang telah diiris tipis selama 20 menit dan kemudian bilas wajah.


10.     Beras Ketan
Beras ketan sudah lama diketahui berkhasiat dalam merawat kulit. Perawatan wajah dengan beras ketan sangat mudah dan bahannya pun mudah didapat. Ketika akan menggunakan beras ketan untuk merawat wajah, cuci beras dengan menyiram dengan air, jangan direndam dalam air. Kemudian, masukan beras yang sudah bersih kedalam kain satin atau katun. Lalu, tumbuk beras dalam kain tersebut hingga halus secara perlahan-lahan.

Setelah, beras menjadi tepung,  celupkan beras tumbuk tadi kedalam air hangat. Diamkan selama beberapa saat hingga air berubah warna seperti air susu. Lalu, usapkan kain yang berisi beras tumbukan tadi ke wajah secara merata dan diamkan selama dua menit.

11. Almond
Almond memang tidak terlalu populer di Indonesia dan lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran coklat atau kue.   Kacang yang memiliki rasa khas dan sangat gurih ketika dikonsumsi ini sangat bermanfaat dalam revitalisasi kulit dan membuat wajah anda tampak lebih cerah bercahaya.  Almond juga memiliki berbagai nutrisi yang memacu regenerasi kulit.

Cara untuk menggunakan almond sebagai bahan pemutih kulit cukup mudah.  Siapkan segelas susu cair, dan rendam sekitar 5 buah biji almond dan 1 ruas kunyit di dalamnya.  Setelah seharian, angkat almond dan kunyit tersebut, tumbuk hingga halus, dan gunakanlah sebagai krim wajah alami untuk memutihkan kulit.

12. Alpukat
Buah alpukat tidak hanya lezat dikonsumsi, namun minyaknya memiliki khasiat yang manjur untuk membuat kulit lebih putih berseri.  Biasanya, minyak alpukat ini dijual di berbagai toko kosmetik sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit.  Selain memiliki nutrisi tinggi untuk membuat kulit lebih sehat, minyak alpukat juga sangat bermanfaat sebagai pemicu revitalisasi sel-sel baru.

Kegunaan utama minyak alpukat adalah sebagai bahan pembersih kulit, terutama dari berbagai riasan dan make-up di wajah.  Dengan menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih, anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus : membersihkan sekaligus memutihkan.

13.  Teh
Selain memiliki zat anti oksidan yang bisa mencegah kanker, teh sangat berguna untuk membantu memutihkan kulit anda.  Pilihlah berbagai teh herbal yang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan konsumsilah secara rutin untuk membantu proses pemutihan kulit dari dalam.  Selain itu, teh juga bisa merevitalisasi dan meremajakan kulit,

Anda bisa juga menggunakan air campuran teh (tentu saja tanpa campuran gula dan krim) yang diseduh dengan air hangat.  Gunakanlah larutan ini untuk membilas wajah sebelum tidur untuk merapatkan pori-pori dan memberikan nutrisi ekstra bagi kulit wajah.


14. Bunga Chamomile
Bunga ini mungkin sering anda temukan sebagai campuran berbagai macam kosmetik atau sebagai pemberi aroma tambahan bagi teh.  Tak hanya itu, ternyata Chamomile sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih putih dan cantik alami.  Selain itu, chamomile juga manjur digunakan sebagai salah satu bahan untuk menjaga kesehatan mata.

Selain memiliki fungsi sebagai sumber nutrisi, Chamomile sangat membantu proses pemulihan luka atau bengkak yang mungkin terjadi pada kulit.  Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi berbagai produk kecantikan yang mengandung Chamomile di dalamnya.

15.  Paprika
Siapa sangka sayuran yang sering digunakan sebagai topping pizza ini memiliki khasiat yang bagus untuk memutihkan kulit.  Paprika memiliki berbagai kandungan vitamin yang menyehatkan kulit dan membuat wajah menjadi lebih bersinar.  Namun jangan salah, untuk mendapatkan manfaat optimal dari paprika anda harus menggunakannya sebagai masker.

Cara menggunakan paprika sebagai krim kulit juga cukup simpel.  Anda bisa menghaluskan campuran paprika hijau dan merah dengan menggunakan parutan atau blender.  Nah, campurlah dengan sedikit air dingin, lalu gunakan campuran ini sebagai krim wajah.

16.  Paprika
Produk olahan susu ini tidak hanya bisa memperlancar pencernaan, namun juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih putih.  Yoghurt bisa dikonsumsi secara teratur sebagai pencuci mulut setelah makan, bisa juga ditambah sedikit bahan pemanis untuk membuatnya terasa lebih nikmat ketika disantap sebagai makanan.


Untuk manfaat yang optimal dalam memutihkan wajah, anda bisa menggunakan campuran yoghurt dengan beberapa tetes madu.  Gunakanlah campuran ini untuk melumuri wajah anda, dan biarkanlah selama kurang lebih 8 menit.  Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air dingin.
Apabila artikel ini bermanfaat silahkan di sebar luaskan dengan memilih icon sharing di bawah.
Hargai usaha kami untuk tidak melakukan copy - paste artikel ini di blog anda.